Arduino #01 - Mengenal Arduino

Share:





Sebelum kita lebih jauh membahas terkait tutorial arduino ini, Alangkah baiknya kita mengetahui dulu terkait Arduino itu sendiri. Ibarat kita mau PDKT sama cewe, otomatis kita harus kenal dulu toh sama cewe yang jadi target :).


Arduino itu sebuah board microcontroller yang disertai software pendukung untuk melakukan pemograman. Arduino menganut sistem open hardware, menggunakan Atmel AVR processor dan memiliki I/O onboard. Boleh dibilang, Arduino itu komputer kecil yang dapat kita program untuk memproses input dan output dari komponen eksternal yang kita hubungkan dengan Arduino tersebut.

Banyak hal yang bisa kita buat dan kita kerjakan dengan Board Arduino ini, Semisal membuat Robot, Iot, Atau beberapa project elktronika lain tampa harus urus-urs sirkuit atau masalah pengkabelan lainnya :). Semisal contoh sederhana apa yang dapat kita lakukan terhadap Arduino, kita dapat mengatur untuk menyalakan lampu katakanlah 30 detik sesudah kita menekan saklar.

Dalam contoh ini berarti kita memiliki board Arduino, sebuah lampu dan saklar yang terhubung dengan arduino. Arduino akan dengan sabar menunggu saklar ditekan, sekali saklar ditekan, arduino akan menunggu 30 detik, kemudian memerintahkan lampu menyala. Anda dapat meningkatkan kemampuan dengan menambahkan sensor, sebagai contoh PIR sensor, yang berfungsi sebagai input untuk menyalakan lampu.

Arduino dapat berdiri sendiri, atau dapat dihubungkan dengan komputer, jaringan atau dihubungkan dengan internet untuk mengambil data atau mengirimkan data.

Arduino dapat dihubungkan dengan LED, dot matrix display, button, switch, motor, berbagai sensor, GPS, modul ethernet dan banyak lagi.

Board Arduino menggunakan Atmel AVR microprocessor dan sebuah crystal untuk mengatur clock agar processor bekerja pada kecepatan yang tepat, 5 volt linear regulator, USB socket untuk menghubungkan board dengan PC (tergantung jenis Board Arduino) dan pin output yang digunakan untuk menghubungkan dengan komponen input ataupun output.

Contoh Board Arduino - Sumber foto : elektrokita.com

Sebenarnya banyak dari jenis-jenis Arduino ini dengan memiliki berbagai versi. Sahabat TutsApps bisa coba cek deh di web resmi Arduino jika ingin mengetahui lebih lanjut terkait jenis-jenis boar Arduino ini. bahkan lewat situs resminya, kitaa juga bisa langsung memesan produk Arduino tersebut. Namun ya gitu, harganya lumayan. :)

Tapi ngak usah khawatir, sahabat Tuts bisa membeli versi clone (harga jauh lebih murah) dan tidak ada masalah kompatibilitas. Karena Arduino ini menganut sistem open hardware, siapa saja dapat membuat board Arduino, termasuk Arduino UNO. Bila Anda kesulitan mendapatkan di kota Anda, bisa dibeli online. Dan untuk indonesia, sekarang udh banyak koq di toko-toko online semisal Buka lapak, atau Tokopdia.

Nah, sebagai pemula, nanati kita akan memilih board yang paling populer dan cukup murah dan mudah untuk diprogram, yaitu Arduino UNO R3 (revisi 3). Jadi mari kita sama-sama belajar di blog ini. Ikuti terus update terbaru dari blog ini terkait tutorial Arduino ini.


Tidak ada komentar