Instalasi Linux dengan menggunakan VMWare

Share:


Bagi para sahabat yang menggunakan Operasi sistem Windows, Kemudian penasaran ingin mencoba operasi sitem linux. biasnya pilihannya cuma ada dua, ganti OS atau dual-boot. tapi dari pada ngelakuin dua hal tersebut, saya rasa mending nyoba tutorial satu ini deh. yaitu "Instalasi Linux pada Windows dengan menggunakan VMWare".
Menginstall Linux di VMware artinya kamu membuat sebuah virtual machine di Windows, lalu menginstall  Linux didalamnya. Hasilnya kamu bisa menjalankan Ubuntu dari dalam Windows secara virtual.
Cara ini sangat cocok jika kamu sekedar ingin mencoba-coba, melakukan testing, atau belajar Ubuntu tanpa perlu repot-repotmelakukan dual boot atau instal ulang. Namun perlu dicatat bahwa secara performa, menginstall Ubuntu secara dual-boot dengan Windows jauh lebih optimal dibandingkan menginstallnya di VMware.
Sebelum saya jelaskan secara rinci, perlu di ketahui bahwa dalam tutorial ini, intinya ada dua hal, yaitu:
  • Pertama kita  akan membuat Virtual Mesin, sebagai Tempat OSnya.
  • Langkah kedua, baru kita Instal OS yang kita Inginkan (Dalam hal ini OS Linux).

Persiapan
*.Pastikan kamu sudah menginstal VMWare, atau jika belum bisa langsung download disini.
*.Download file ISO Ubuntu disini. Di contoh ini kita menggunakan Ubuntu 11.04 LTS, tetapi kamu juga bisa menggunakan versi lainnya.


Okey, Kalo semua syarat-syarat di atas sudah siap. Langsung kita ikuti langkah-langkah dibawh ini.

1.Buka VMWare atau yang belum di ada aplikasi VMWarenya, maka silahkan Instal terlebih dahulu  VMWare yang sudah didownload tadi.

2. kemudian buka VMWare yang sudah di instal tadi .

3. Setelah terbuka, Langsung kita buat Virtual Mesinya dengan mengklik menu” Create a New Virtual Mesin “.


4. Maka Akan muncul jendela seperti pada gambar di bawah. Klik tombol Next.


5. Kemudian centang “I Will Instal the Operation System Letter”, Lalu Klik Next.



Ini penting supaya experience instalasi saat kamu menginstall di VMware bisa kamu aplikasikan di komputer yang sesungguhnya.


6. Pilih Operasi Sistem yang akan kita Instal ( Dalam Tutorial kali ini kita akan mencoba OS Linux, maka kita centeng OS Linux Ubuntu), Lalu klik Next.

7. Kemudian setelah itu, akan muncul jendela sperti pada gambar. Yaitu jendela yang  berfungsi untuk memberi nama dan menentukan Location disk  Virtual Mesin Kita. Silahkan diisikan sesuai kehendak sahabat-sabahat. Setelah itu klik next.


8.  Pada jendela selanjutnya, kita akan menetukan Besarnya kapasitas Virtual disk untuk Virtual Mesin Kita, biasanya untuk os Linux 15 GB sudah cukup. Dan pada button Listnya, kita centeng “ Store virtual disk as a single file”. Lalu  klik next.

 

9. setelah di next, maka akan muncul jendela seperti gambar di bawah. Jendela tersebut merupakan jendela informasi VM yang sudah kita buat dari awal. Kemudian Klik Finish.


10. Maka Virtual Mesin Kita sudah jadi, seperti gambar di bawah.


11. Kemudian setelah Virtual Mesinnya sudah selesai kita buat, Selanjutnya kita atur dulu virtual mesin yang sudah jadi.

     Dengan tujuan untuk memasukkan file OS yang berbentuk .iso kedalam Virtual Mesinnya. Caranya dengan megklik” Edit virtual machine settings”.


12. Maka akan muncul jendela , Kemudian klik CD/DVD(IDE) hingga muncul tampilan seperti dibawah. Dan pada kolom connection, centeng “Use ISO Image file :”



























13. Kemudian carilah file .iso( File OS Linux yang akan kita Instal) yang telah kita siapkan tadi padadirektori hardisk kita. Dengan cara meng klik browser.




14. Setelah file .iso telah kita temukan. Maka klik oke.

15. Dan langkah selanjutnya, kita jalankan virtual mesin kita. Dengan cara mengklik” Power on the virtual mechine”.



16. Tunggu Virtual mesin yang kita jalankan tadi, melakukan proses booting, sampai muncul interface* oprasi sistem linux seperti ini.


17. Ada dua menu yaitu ” Try Ubuntu” dan “Instal Ubuntu” Karena kita ingin menginstal Linux maka kita pilih  “Instal Ubuntu”

18. Kemudian ikuti langkah-langkah selanjutnya, yaitu tinggal next-next saja. :)


Catatan :

* Pada menu gambar di atas ada dua jenis menu, yang pertama” Try Ubuntu” dan “Instal Ubuntu”.

   Ketika kita hanya ingin mencoba oprasi sitem linux, maka klik Try Ubuntu. Dan ketika kita ingin benar-benar menginstal Ubuntu kedalam Virtual Mesin kita, maka kita pilih menu Instal buntu.

* Menu “Try Ubuntu” maka kita akan langsung bisa mengakses Operasi Sistem Linux.

*Menu “Instal Ubuntu” maka kita akan di hadapkan pada beberapa langkah lagi untuk melakukan setting instal OS pada Virtual mesin kita.


Sekian Tutorial Instalasi OS Pada Virtual Mesin, Semoga Tutorial ini bermaamfaat untuk sahabat-sahabat sekalian yang ingin belajar untuk menginstalasi Operasi Sistem pada Virtual Mesin maupun pada Device Komputer atau Laptop. 


Apabila  ada yang kurang dipahami silahkan langsung komentar pada kolom komentar di bawah. Atau lanjut baca pada tutorial “ Cara menginstal Sistem Operasi Linux

Tidak ada komentar